Sunday, January 6, 2013

Wawancara RMTV - Roberto Carlos

Edisi Februari 2012


Karena lama dan banyak yg diwawancarain, gw skip skip transletan pertanyaan yang lucu dan penting2 aja ya, so enjoy...




Q : Gimana perasaan anda di loker room dan naik tangga di Bernabeu? Saat Chants nama "Roberto Carlos! Roberto Carlos!" di teriakkan publik, rumah anda selama 11 tahun (Waktu itu ada pertandingan veteran Madrid, di Corazon Classic Match, lawannya veteran Bayern ato Manchester gitu kalo ga salah) gimana rasanya?
A : Saat saya disini, saya hanya ingin menghibur publik dengan sepakbola saya, saya mencoba menangin title sebanyak mungkin selama disini. Di waktu saya dulu, sangat menyenangkan bermain bersama Beckham, Raúl, Zidane, Karembeu, Makélélé, Bodo Illgner, Seedorf dan sangat mudah kalo main bareng mereka. Setiap saya mengenakan baju Real Madrid, saya tau kalo sedang melakukan hal yg bagus. Kadang memang gak berjalan seperti yang seharusnya, misalnya kayak El Clasico lawan Barcelona. Tapi saya yakin di 11 tahun saya mengabdi lebih banyak ngasi fans kegembiraan dibandingkan kesedihan.


Q : Bayangin kalo Florentino ngasi anda kontrak 4 tahun lagi. Dan headlinenya bakalan “Roberto Carlos, Real Madrid player until 2017.”
A : Sangat disayangkan saat saya pergi dari sini ke Fenerbache, sangat disayangkan gak diperpanjang (kontraknya) 2 tahun, tapi 2-3 tahun di Fenerbache bagus juga kok. Roberto Carlos yang main sekarang di Anzhi adalah Carlos yang dulu maen di Madrid, dan buat saya itu sesuatu yang saya banggakan. Saya bahagia pada apapun yang terjadi selama hidup saya

Q : Kenapa Zidane nulis "Dimana lu?" (maksudnya nulis di tanda tangan rame2 di jersey yang difoto paling pertama itu. Pepe nulis "Best Fullback of all Time")
A : "Dimana lu Tontin?" (Tontin bahasa spanyolnya Idiot). Buat saya dia pemain paling top bareng Ronaldo (botak). Mereka sangat mengagumkan.


Q : Gimana sih sebenarnya 'Roberto Carlos' itu?
A : Saya bahagia pada tiap yang saya lakukan. Saya senang foto bareng fans dari tim sendiri ato fans tim laen. Saya stop makan kalo ada yg mau foto bareng saya, Saya berteman dengan semuanya. Saya pikir saya punya lebih banyak temen disini dibanding di Brazil pas masa saya dulu. Saya sangat tenang. Orang bilang saya phenomenon, tapi saya gak ngerasa kayak gitu. Saya cuma orang yang beruntung main disini dan dapet banyak piala. Saya orang yang normal yang terus berterima kasih kepada orang2 yang mengagumi saya, dari kecil sampe yang tua.

Q : Kapan hari pernah nandatanganin foto Ronaldo?
A : Waktu itu lagi makan di restoran di deket Bernabeu, ada nenek2, saya pikir dia gak make kacamata waktu itu. Dia dateng ke saya dan bilang "ya ampun! itu beneran kamu" dan saya jawab "iya iya". Lalu dia bilang cucunya ngefans sama saya dan malah bilang "Ronaldo, tolong tanda tanganin foto ini buat cucu saya". Ronaldo duduk sama saya waktu itu, dan saya tanyain mo saya yang tanda tanganin gak?. Saya ga mikir ah kalo muka saya mirip Ronaldo. Sebenernya sih gak baek, cuma akhirnya saya tanyain siapa nama cucunya lalu saya tulis difotonya “for Miguel, affectionately yours, Ronaldo, R9.”. 2 Hari kemudian saya ditelpon polisi.

Q : Pernahkah ada orang yang mengkhianati anda?
A : Ada, dulu saya tinggal bersama 2 orang yang mengkhianati saya. Tapi itu dah lama dan saya gak tau dimana mereka sekarang karena gak pernah ngomong lagi. Tapi kalo mereka ada kesulitan akan saya bantu sebisa saya.

Q : Apa dari dulu udah pengen jadi pesepakbola?
A : Ya, sedari kecil



Q : Udah dong mimpinya terpenuhi?
A : Saat kamu berpikir untuk memulai jadi pemaen bola, gak akan kepikiran apa yang kamu dapet nanti. Banyak faktornya, termasuk keberuntungan dan kualitas. Ibuku selalu bilang kalo saya punya sebuah cahaya yang mengantarkanku ke hal2 yang bagus. Saya mulai maen ditahun 1981, waktu kecil banget. Lalu ke Uniao Sao Joao. Saya mulai disana dan bilang kediri saya sendiri kalo mimpi udah terkabul, dah make kaos tim divisi pertama. Apa yang akan saya lakukan sekarang? Latihan tiap hari, tiap minggu, dan mencoba untuk bermain bagus. Saya pikir kalo tuhan mau, akan ada tim besar yang akan muncul nanti (buat ngambil dia). Lalu Palmeiras muncul, tim yang dah banyak menangin titel dengan pemain yang fantastis. Setelah 2 tahun di Palmeiras, Massimo Moratti dateng (Inter Milan). Saya di Italia setahun. Karena problem kecil dan Fabio Capello dateng, Loranzo Sanz ngebeli saya ke Madrid. Disanalah sejarah di mulai. Saya berkembang jadi 'orang' disana, seluruh sejarah saya dari sana, perkembanganku sebagai manusia dan pemain semua dimulai dari sana. Saat kamu ingin menjadi seseorang, saat kamu bermimpi, saya pikir beberapa kali kalo mimpi saya udah jadi kenyataan. 

Q : Ga mudah kan awalnya, di umur 12 kamu kerja di pabrik kan?
A : Iya, tapi saya nikmati kok

Q : Apa yang kamu lakukan disana?
A : Saya beruntung waktu itu, saya kerja dengan senang karena cewek2 yang kerja disana cantik2. Tiap kerjaan yang saya kerjakan saya nikmati. Lalu saya kerja sama ayah saya ditempat.. tau lah tempat buat naro orang mati 

Q : Peti Jenazah?
A : Ya, peti jenazah. Pabriknya bikin itu. Dan saya nikmati juga bareng ayah dan jadi punya banyak teman disana. Lalu mulai deh main bola.

Q : Pernah kelaperan pas kecil?
A : Gak, tapi ayah saya gak pernah ngebolehin kita maunya makan apa dirumah. Kita selalu makan nasim daging, sayur. Selalu makan sesimpel itu dirumah, ga peranh lebih. Pas weekend makannya barbeque. Hidup simple dan tenang.

Q : Gimana kamar tidur pas kecil?
A : Gak inget. Inget rumahnya dibuat dari kayu, tapi gak inget kamarnya kayak apa soalnya dah lama. Saya udah pergi dari Brazil selama 18 tahun. Gak punya foto pas masih kecil. Rumahnya simpel, dibuat dari kayu dan kalo ada ujan dan banyak anginnya, rumahnya bakal goyang



Q : Punya foto ato kartu pemain idola?
A : Ayah saya fans Santos dan saya juga. Pas kecil saya punya foto Pele di Santos waktu itu. Pemain yang hebat, sampe sekarang pun saya masih jadi fans Santos.

Q : Apakah ayah anda orang yg paling penting di hidupmu?
A : Ya, Ayah saya. Dia orang yang yang ngajarin saya bagaimana hidup dan bagaimana supaya jadi orang yg bahagia

Q : Waktu karir paling buruk pas di Inter bukan? waktu anda gak lagi jadi starter
A : Enggak. Ada 2 momen yang menurut saya paling bikin pusing. Inget pas lawan Munich pas kalah 2-1? Bola dateng dari tengah, saya ga inget yang ngepass kesaya siapa entah Mijatovic ato siapa gitu, dan saya lagi ngekontrol bola. Waktu tinggal sisa 1 menit. Kalo kita menang kita bakalan lolos. Momen itu pelik sekali buat saya, karena kita pengen banget menang La Decima. Lalu pas World Cup 2006, saya yang disalahkan untuk Gol Henry. Terpaksa saya harus bicara untuk ngubah perasaan orang karena (kesalahan) saya tersebut. Ya, 2 momen itulah yang saya inget, pas lawan Munchen dan Brazil-Prancis World cup 2006

Q : Inget hari pertama sebagai pemain Madrid?
A : Saya ingetnya dulu rambutnya agak panjang (sambil ngakak)

Q : Kayak rambutnya Marcelo?
A : Iya kurang lebih. Pas dateng saya langsung ke Cibeles bareng Jurnalis. Mereka gak begitu kenal saya, tapi mereka nanya "Mau ketempat dimana Madrid biasa selebrasi gak?" Lalu saya jawab "tentu saja". Lalu kita kesana foto2 dipakein kaos warna warni. Tiap kali saya ngeliat foto2 tersebut saya masih gak percaya.

Q : Gimana jadi kapten Madrid?
A : Pertama kali jadi kapten Madrid harus bangga dan itu gampang banget. Kamu harus mengasumsikan nanti semuanya jadi buruk, harus disana pas tim menang titel, ngerti kapan harus ngomong ke presiden, kapan ke publik supaya publik jadi tenang, saat dapet pinalti di menit 91, kamu harus melangkah dan ngeshoot bikin gol. Gampang kok jadi kapten Madrid. Menyenangkan juga jadi kapten. Hal terbaik bagi tiap pemain adalah jadi kapten di klub gede kayak Madrid. Gak dapet tekanan kok, bikin bangga malah.


Q : Zidane selalu bicarain kekagumannya pada anda. Katanya gak bakalan lupa gol tendangan bebas vs Prancis (Tournoi de France 1997). Dia jadi salah satu tembok tendangan bebasnya dan dia bilang "Saya liat dia nendang bola. dan bolanya kearah sana dan gawangnya di arah sebaliknya, itu pasti out keluar saya pikir. Lalu tiba2 orang2 teriak GOL!, dan saya terus mikir gimana bisa coba?". Lalu gimana sih cara nendangnya?
A : Gak ngerti juga. Banyak orang nanya gimana bolanya bisa masuk, gimana caranya nendang bola biar kayak gitu, dan Saya ga ngerti juga. Itu salah satu hal yang ga bisa dijelasin. Kadang di jalan orang2 nyetop saya buat ngasi selamat buat gol itu, dan saya bilang itu gol terindah di karir saya. Dan saya tanya mereka, ngeliat gak? dan mereka bilang, ya liat dong. Lalu saya bilang lagi, sayangnya anda gak bisa ngeliat gol itu lagi. Soalnya saya sendiri juga gak tau caranya bisa begitu lagi.

Q : Casillas juga ga bisa nyetop tendangan itu. Gak ada kiper yang bisa
A : Kadang saya becanda juga sama dia (Casillas) kalo nendangnya harus 2 hari biar bisa kayak gitu

Q : Ngomong2 tentang Casilas, dia pernah bilang kalo pernah nangis di ruang ganti pas menangin gelar ke 9 Champions dan disitu anda yang ngehibur dia.
A : Tiap orang punya feeling yang beda. Di momen itu, saya mau ngucapin terima kasih ke Casillas karena penyelamatan di gawangnya, itu pertandingan penting pertama dia make kaos Madrid. Saya mau nikmatin momen itu bareng dia juga dan saya pikir juga dia gak pengen ngeliat dia nangis. Saya maunya dia selebrasi bareng yang laen, bareng Hierro , bareng semua pemain. Dia pemain muda, dan saya juga udah melalui banyak situasi yang sama. Dan di momen2 penting tersebut supaya jangan lupa juga buat dinikmatin, dan kalo emangn nangis, tangisan tersebut harusnya tangis bahagia. Dia nampaknya masih tegang banget abis pertandingan tersebut selesai. Lalu saya bilang ke dia, Keita udah jadi juara, menang di titel penting gini buat klub, nikmatin aja, ayo kita selebrasi bareng yang lain.


Q : Hari paling bahagia bersama Madrid?
A : Tiap hari. Dari saya ke Ciudad Deportiva ke Valdebebas. Perjalanannya keliling Spanyol dan dunia. Pre-Season di Amerika, China, Jepang. Tiap hari saya disni dan tiap hari saya jadi pesepakbola adalah hari2 yang bahagia.


Q : Pernah bayangin maen di squad Madrid yang sekarang?
A : Iya, saya selalu mikir tentang apa aja. Kadang pas nonton di TV, sering nanya sendiri Napa gw ga disana? Saya bisa maen bareng banyak phenomena disana, dapet long pass yang gw suka. Gw suka nendang bola dari sisi satu ke sisi lainnya, kayak dulu gw lakuin ke Beckham. Dapet bola dan boom! ke arah lain, dan dia kontrol bolanya lalu di pass ke Zidane dan boom! ke sisi lainnya lagi. Itu yang Xabi Alonso lakukan sekarang. Dan gol yang Cristiano cetak...Napa gak ngasi pass ke Cristiano ato dapet assist dari Benzema? Napa gak nikmatin hal2 tersebut bareng Sergio Ramos, maen bareng Khedira, Ozil, Kaka, Marcelo... banyak hal sekali dikepala saya.

Q : Kayaknya Cristiano ngasi tribute kepada anda ya di gol beberapa hari yang lalu?
A : Kayaknya sih. Saya ngomong sama dia diruang ganti abis itu. Dia bilang itu lucu, gak semua pemain tau nyetak gol kayak dia, dan gol semacam itu cuma dia dan saya yang tau cara nendangnya. Lalu saya ketawa. Lalu pas saya pulang, saya mulai mikir kalo itu bener juga. Beckham juga punya cara nendang bola yang spesial dan tenaganya kuat sekali.

Q : Tentang Ozil, sama kayak Zidane?
A : Pas lawan Levante, saya duduk di di VIP bareng presiden. Pas Ozil nerima bola dan nendang terarah ke arah defender Levante, lalu saya berdiri dan ngasi applaus. Protokolnya gak boleh di area itu berdiri, dan semua orang ngeliatin saya (yang berdiri sendirian). Saya minta maaf ke presiden dan bilang saat pemain ngelakukan hal semacam itu, saya harus berdiri dan ngasi applaus.


Q : Waktu ke Valdebebas, orang pertama yang ditemui Mourinho?
A : Kalo ditanya siapa pelatih terbaik, saya pikir Mourinho punya sejarah yang fantastis. Saya pernah dilatih pelatih sekelas Capello ato Del Bosque. Tiap tim didunia pengen Mourinho menjadi pelatihnya. Tiap pemain didunia pengen Mourinho jadi pelatihnya. Saya ngomong ke dia sekitar 2 ato 3 tahun yang lalu pas diChelsea kayaknya, ga begitu inget. Buat saya dia itu orang yang mengagumkan, Dan sekarang pas tambah kenal, dia itu fenomenal.

Q : Pengen dilatih dia (Mourinho) ?
A : Saya pengennya dia ngelatih klub saya kerja sekarang (Anzhi). Profesional yang fantastis. Saya suka gayanya, caranya bertanggung jawab pas kalah di el clasico misalnya. Berdiri dan bilang jangan ganggu pemain saya, ngomong ke saya aja. Ini bagus buat pemain. Banyak orang kritik dia tapi dengan sikapnya, gak banyak pelatih yang punya hal semacam itu.

Q : (Madrid) bakalan ngerayain di Cibeles gak tahun ini?
A : Pasti dong. Saya gak bakalan ngomong terlalu banyak, entar orang2 malah percaya. Mari kita lihat aja, tapi saya yakin kok (kita juara)



No comments:

Post a Comment