Thursday, December 13, 2012

Wawancara La Sexta - Iker Casillas

Casillas diwawancara La Sexta, ada 3 part wawancaranya. Yang ngerti bahasa Spanyol tinggal buka Video 1Video 2Video 3Video 4. Dan dua part udah di translate sama AS English, tapi dont worry part 3 gw translate juga kok. (yang part 4 baru keluar cuma gw males translatenya.. tentang balon jedor dan siapa pelatih yang pantes dapet award tahun ini, yang dia jawab antara Bosque dan Mou)


*sori gambar gak ada sangkut pautnya sama wawancara ini, tapi toh tempat wawancaranya sama di restoran El Acebo tempat Casillas biasa wawancara di pojokan ini. so here we go...



Masa depan
Suatu hari nanti saya mau main disepakbola yang lebih relax lingkungannya,  sedikit tekanan buat saya dan kalo nanti emang saya pindah ke tempat yang semacam itu, saya akan pergi ke klub yang enggak ngelawan Madrid. Misalnya Amerika, tapi saya gak akan kesana paling enggak beberapa tahun kedepan. Saya pengen pensiun di Madrid tapi kalo kritikan yang saya terima sekeras kayak sekarang di umur saya yg 31 ini, gak bisa bayangin deh pas umur 36 nanti

La Liga atau Liga Champion
Menang piala Chapion yang kesepuluh dong. Kalo disuruh milih Barca mimpin 25 poin diatas kami tapi kita bisa menang 'La Decima', ya saya pilih 'La Decima'

Poin yang ilang di Liga
Saat ada tim yg maen lawan Madrid mereka akan berlari lebih, berjuang lebih. Misalnya Sevilla yang abis2an lawan kita lalu kalah lawan Valladolid 10 hari yang lalu. Barca juga beruntung. Barca laper trophy abis kalah di musim kemaren. Tapi menurut sejarah dan kebesaran klub ini, Madrid gak akan pernah menyerah. Kami akan tetap berjuang untuk kami sendiri dan untuk para supporter 

Mourinho
Mourinho gak suka orang ngomongin dia dibelakang, dia maunya ngomong langsung ke dia. Kamu bisa berargumen sama dia abis2an asalkan face to face. Kalo ada yang mau diomongin, dia akan ngomong langsung ke orangnya, dan dia mau orang tersebut melakukan hal yang sama.
Mourinho kayak apa
Dia beda, gak kayak yang dipajang di media. Dia banyak nanggung tekanan kepada kami, tapi bener dia berapi2 orangnya. Sangat profesional dan sangat menuntut, Dia pelajari lawan dengan cermat dari Alcoyano sampe Muenchen di Liga Champion
Masa depan Mourinho
Gak tau, saya gak pernah ngomong ke dia masalah ini. Kalo ngeliat klub yang nawarin dia perpanjang kontrak ya pastinya mereka mau Mou tetep disini. Saya gak bisa bayangin Real Madrid tanpa Mourinho, dan dia sendiri udah bilang rencananya di musim depan

Maen di klub yang berkaitan dengan politik (kayak Barca contohnya)
Saya menyukai klub saya maen sekarang, Universal dan Inklusiv. Respek ke semua ideologi di seluruh dunia dan disitulah kebesaran klub terlihat. Adalah hal yang buruk buat pesepakbola campur adukin olahraga dan politik, semua komen yang kita buat nanti akan keluar konteks dan jadi debat di media nasional, bagusnya dibedakan ke dua hal itu (olahraga dan politik)

Ngomongin krisis ekonomi di ruang ganti
Tentu saja kita juga ngomongin krisis. Jadi pesepakbola dan terpampang di TV gak membuat kita ga punya temen dan keluarga. Iker Casillas punya temen, Iker Casillas punya keluarga dan Iker Casillas juga tau orang2 yang lagi kesusahan (karena krisis tadi)

La Fabrica atau La Masia
Ya beda emang saat Barca maen 11 pemaen dari youth systemnya, tapi saya juga ingat 11 atau 12 tahu lalu saat Barca maen dengan 11 pemain asing. Hal-hal seperti ini adalah siklus, dan Barca gak usah terlalu bangga2in kalo sekarang mereka maen denga 11 pemaen akademi. Itu image yang mau mereka pasang sekarang, tapi beberapa tahun lalu, saat Puyol dan Xavi mulai maen, jarang banget pemaen akademi di tim.
Tentu saja saya pengen liat orang Madrid maen di klub, tapi Madrid adalah klub besar yang semua pemain terbaik ingin maen di dalamnya, dan kadang pemaen terbaik datengnya dari luar Spanyol. Akademi Madrid itu fantastis, bikin banyak pemain hebat yang sekarang main di Spanyol dan di seluruh dunia. Gak usah lah kita iri ke Akademi tim lain.

Harga dari ketenaran & gangguan dari pers
Kita memang harus berkorban. Berat buat saya untuk mengerti beberapa orang mengganggu saya. Ada beberapa ketemu sama satu atau dua paparazzi, tapi saya ngerti itu bagian dari kerjaan mereka, karena orang2 jadi seperti itu kan buat hidup juga. Tapi harusnya ada sebuah batasan, harus ada izinnya di waktu2 tertentu. Harus di manage dan di Spanyol gak sekejam di luar negri.

Mesut Ozil
Saya manggil Ozil pake panggilan 'Besugo' (semacam jenis ikan) beberapa kali,  dan dia nanya apa artinya. Saya bilang cari aja (di google) dan dia ketawa ngakak. Dia ngeri banyak kata bahasa Spanyol, tapi dia pemalu dan gak mau ngomong. Saya negor dia buat ngomongnya dibanyakin karna kalo Konferensi Pers kan harus banyak ngomongnya, tapi dia ngerti kok, Sergio banyak ngomong ke Mesut

Karim Benzema
Saya sering ngeledekin dia gara2 celana dalemnya. (celana dalemnya) sangat 'mempesona', sangat cerah warnanya sampe mencolok mata. Gak bakalan gak keliatan deh. Dia sangat pemberani dalam urusan fashion celana dalam.

Di dalem ruang ganti
Cristiano, Pepe dan Fabio ngabisin waktu bareng, mereka dipanggil timnas Portugal dan saat mereka balik ke Madrid mereka jadi lebih erat lagi. Marceloa yang paling happy di loker room, dia erat sama semuanya. Higuain dan Di Maria gabung ke yg pamaen2 spanyol. Ozil dan Khedira mulai nyatu sedikit demi sedikit. Benzema juga, yang di beberapa tahun awal sangat sulit karna orangnya yang introvert dan pemalu. Kami seperti keluarga dan tentu saja saya akan liburan bareng Cristiano. Casillas juga bilang dia dipanggil Melon karena kepalanya gede pas kecil dulu

Social Network
Saya selalu menolak yang kayak gitu, tapi sekarang saya pikir menjadi semacam keharusan. Harus ngerti ara makenya, harus juga tau apa yang dikatakan di tiap momennya. Sekarang kayaknya lebih berharga dari Injil

No comments:

Post a Comment