Monday, September 15, 2014

Case Florentino, (Mungkin) Presiden Seumur Hidup Madrid

Presiden Lorenzo Sanz dalam jangka waktu 3 tahun berhasil bawa Madrid juara liga Champion 2 kali, prestasi mentereng ini jelas bakal bikin pemilihan presiden berikutnya sebuah hal yang mudah buat dia. Tapi sayangnya datenglah Florentino Perez dan sejarah Madrid berubah semenjak itu menjadi klub seperti yang kita lihat sekarang...

Berikutnya bakal gw beberin kenapa orang ini bisa berkuasa dan mungkin bakalan terus berkuasa di Madrid sampe dia mati nanti....



Dulu Sanz dan Perez bersaing buat jadi presiden Madrid. Sanz bisa bawa Madrid ke puncak tertinggi Eropa dengan pemaen2 mentereng yang dibeli dan dididik dengan cara yang ga se-sporadis kayak sekarang. Raul, Morientes, Redondo, Carlos, Hierro dkk adalah nama2 yang bakalan ente kenal dan kagumi kalo situ fans lama Madrid dan Lorenzo Sanz lah yang bikin mereka bisa maen bareng kayak dulu. Nah pemilu tahun 2000 ini pada dasarnya hampir semua orang udah prediksi kalo dia bakalan menang lagi, nyatanya kejadiannya ga demikian.

Sanz yg gayanya kayak mafia ini sayangnya juga bikin Madrid punya banyak utang (260jt euro) dan hal ini jadi titik serangan kampanye Perez buat lawan dia. Perez yang udah kebukti me-manage banyak perusahaan punya image jago finansial punya program ngilangin utang itu. Hal ini sebenernya ga cukup meyakinkan socios buat milih dia... tapi ada satu lagi program yang dia janjikan dan itu cukup bikin orang2 beralih dari Sanz, program itu adalah "Saya akan datengin Luis Figo", maka selesailah sudah kompetisi mereka berdua.


Karena Perez orang yang ngerti duit, dimulailah era jualan kaos Madrid. Perez semenjak beli Figo lalu Zidane mahal2 mulai dapet pencerahan kalo sebenernya ga peduli semahal apapun pemaen, asal dia cukup jago dan ganteng, maka duit bakalan ngalir ke Madrid. Dia bahkan pernah bilang kalo Zidane adalah pemain termurah yang pernah dia beli sebagai presiden.

Perez sebagai presiden Madrid akhirnya terkadang lebih peduli sama image pemain yang dia beli dan untung rugi finansial buat Madrid. Hal ini bisa dilihat misalnya sembarangan jual Makelele, Di Maria (meski perannya penting, minta naek gaji + tampangnya ga ganteng? Jual!), Redondo, Hierro (ga suka sama transfer policy gw? Jual!) dan beli2 pemain yang mayoritasnya punya tampang oke doang. Dulu sebenernya Madrid bisa aja dapet Ronaldinho, udah dikasi tunjuk sama Roberto Carlos tapi dianggap terlalu jelek malah akhirnya datengin Beckham... mulailah masa2 suram Galacticos jilid 1.

Kesuraman di masa kepresidenannya uniknya bisa dia alihkan ke pihak lain. Buktinya dia bisa bikin Madridista mempertanyakan "Ini gimana sih pelatihnya, udah dikasih pemaen bintang segambreng masih ga bisa bikin Madrid juara?" meski sebenernya transfernya si Perez sendirilah yang bikin Madrid jadi asal2an di era Galacticos 1 (dan Galacticos 2 sekarang). Pas maen jelek dan ga bisa bawa gelar, yaudah pecat pelatihnya, meski transfer policy-nya tetep ga berubah. Cuma kayaknya sekarang banyak pendukung di Bernabeu yang siulin si Perez abis kalah lawan Atletico kemaren.

Ini bukan foto Perez, dia mantan kepala CIA, Leon Panetta, cuma mirip banget :ngakak

Lalu gan, kenapa kok ente bilang kalo dia bakal jadi presiden abadi Madrid? Jawabannya simpel, UTANG. Florentino Perez adalah masternya urusan duit, dan dia beneran jago dalam bikin untung Madrid. Di periode pertama dia mimpin udah pake kampanye memberantas utangnya Sanz, di periode kedua dia dateng lagi jadi capres tunggal yg pengen berantas utangnya era Calderon dan untuk keduanya, dia berhasil jalaninnya. Nah di era yang sekarang, Perez berusaha sendiri menciptakan utang lagi dengan proyek renovasi baru stadion Madrid. Kalo dia misalnya ambil utang dalam jumlah besar lagi, siapa dong yang bisa nanganin utang sebesar itu? jawabannya ya hanya Perez.

Lalu satu faktor lagi yang bikin dia terus2an mimpin adalah susahnya orang buat jadi capres. Jangankan jadi capres, jadi socios aja susah (karena syarat jadi capres itu harus jadi socios dulu). Syarat buat jadi socios itu susah karena harus diseleksi, orang2nya dibatasi dan hanya buat orang Spanyol (bikin orang2 kaya di luar Spain cuma bisa gigit jari). Nah buat jadi capres itu lebih susah lagi, karena orang tersebut diharuskan buat menjaminkan uangnya sebesar 15%/20%/25% (lupa tepatnya) dari uang yang dimiliki Madrid!. Semakin kaya Madrid, maka semakin sulit ada orang yang bisa maju buat ngelawan Perez dipemilu berikutnya. Dulu Perez pas di periode 2 masuk lagi itu dia menjaminkan  57juta euro duit pribadinya. Lalu siapa dong socios yang punya duit banyak dan mampu lewatin syarat yg gw sebut diatas? jawabannya ya hanya Perez.

......

Madrid bakalan terus di puncak klub tertinggi dari segi finansial kalo Perez masih mimpin Madrid + terus2an beli pemain 'terbaik', tapi itu harus dibayar dengan ketidakstabilan situasi dan prestasi klub ini sendiri..... is it worth it?

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bener gan, ane ngfans sama madrid udah dari jaman raul, redondo, carlos, dll. Perez memang orientasinya ke bisnis bukan sama gelar ._. . Cm ya memang pemain yang didatangkan selain ganteng emg mempunyai skill yang bagus juga, tp terkadang mendatangkan mereka itu tidak pada saat yang tepat dan tidak terlalu dibutuhkan tim yang udah jelas2 solid. Contoh sekarang Di Maria dan Alonso lepas. Memang James dan Kroos pemain yang hebat, tapi tim Madrid kemaren sudah lebih dari cukup untuk memenangkan trophy2. Alhasil sekarang harus beradaptasi lagi dengan pemain2 baru. Ya, ane cm fans yang kecewa aja gan. Percuma ngemeng panjang lebar juga nggak bakalan nyampe ke om Perez.

    ReplyDelete